by

Idris Harapkan MTQ Jadi Spirit Moderasi Beragama di Sulbar

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Idris selaku ketua LPTQ Provinsi Sulbar menghadiri acara pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Polewali Mandar (Polman) tahun 2020.

Kegiatan ini berlangsung di alun-alun Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Selasa 11 Februari 2020.

Dalam sambutannya, Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, setiap momentum event MTQ baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional harus ada target-target capaian yang ingin diraih, menjadi peserta terbaik, khususnya di cabang-cabang musabaqah tertentu. Target tersebut tidak berlebihan karena diyakini kafilah Provinsi Sulawesi Barat memiliki potensi tersebut.

“Kami paham bahwa Kabupaten Polewali Mandar tersimpan banyak mutiara, sekaligus merupakan kader-kader yang diharapkan mampu mengharumkan nama Sulawesi Barat di event MTQ, baik di tingkat Provinsi terlebih di tingkat Nasional, tentunya kita banyak berharap semoga pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Polewali Mandar pada malam ini akan menghasilkan Qari’ dan Qari’ah terbaik, para Hafidz dan Hafidzah terbaik, untuk seluruh cabang musabaqah yang diperlombakan,” kata Idris.

Selaku pemerintah daerah sekaligus pimpinan lembaga pengembangan Tilawatil Qur’an Provinsi Sulawesi Barat, Idris tak lupa mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan MTQ tingkat Polewali Mandar, yang selangkah lebih maju dari Kabupaten lainnya.

“Melalui momentum MTQ ini juga kita mencoba untuk senantiasa merajut kembali semangat moderasi beragama, khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Barat sebagai banua malaqbi to malaqbi, momentum Musabaqah Tilawatil Qur’an, disamping sebagai ajang untuk meraih prestasi juga diharapkan sebagai media perekat, membina rasa kebersamaan dan semangat persatuan dan kesatuan diantara sesam manusia dan umat beragama, dan juga momentum untuk tilawah. Kita memang perlu kerja keras dalam mengejar prestasi tersebut, saya yakin dan percaya selaku pimpinan di lembaga pengembangan Tilawatil Qur’an Provinsi Sulawesi Barat, saya sangat berharap dan memohon kerja keras dan kerja sama untuk bisa memajukan prestasi prestasi anak-anak kita,” jelasnya.

Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar mengatakan, malam ini seperti mendapatkan mukjizat sebagai Bupati Polewali Mandar karena, Prof Said Aqil (Mantan Menteri Agama RI) bersedia menghadiri pembukaan MTQ ini.

“Sebagai sosok yang sangat sederhana beliau sangat baik kita jadikan sebagai contoh, dan saya berharap kehadiran Bapak Prof. Said Aqil disini dapat menambah semangat, dan sekiranya dapat terus memberikan bimbingan kepada kami, terkhusus malam ini kepada peserta yang berkompetisi di MTQ tingkat Kabupaten Polewali Mandar,” kata Ibrahim

Ia menambahkan, kepada panitia pelaksana kegiatan ini berbuatlah yang terbaik untuk Polewali Mandar, sesuai dengan perkataan Sekprov Sulbar. Diminta agar angan terlena saat diberi pujian karena hal tersebut merupakan tantangan untuk dapat menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi pada bulan juni mendatang.

“Saya mempunyai mimpi yang ingin saya sampaikan yaitu ingin melihat dan mendengar putra dan putri Polewali Mandar sebagai juara nasional MTQ,” kata lelaki yang akrab disapa AIM ini.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulbar, Muhammad Muflih M Fattah mengatakan, penyelenggaraan MTQ sebagai salah satu upaya di dalam pembinaan keagamaan, diharapkan mampu memberikan dampak dan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama.

“Olehnya itu, kegiatan MTQ di emua level tingkatan adalah hal harus mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak, apalagi hal-hal yang menjadi fokus dan perhatian di era pemerintahan saat ini, yakni gerakan moderasi beragama, melalui MTQ ini diharapkan dapat mewujudkan moderasi beragama dalam memantapkan nilai Islam yang Rahmatan Lil Al-Amin,” kata Muflih.

MTQ tahun ini mengusung motto “Bersama Al-Qur’an Polewali Mandar Akan Jago”. MTQ akan dilaksanakan selama tujuh hari mulai tanggal 11 hingga 17 Februari 2020, diikuti oleh seluruh Kecamatan se Kabupaten Polewali Mandar.

Pada kegiatan tersebut turut hadir, Mantan Menag RI yang juga sebagai Ketua Pengurus IPQAH Prof. Dr KH Said Aqil Al-Munawar, Wakil Bupati Polewali Mandar M Natsir Rahmat, Ketua DPRD Kabupaten Polewali Mandar Jufri Mahmud, Forkopimda, dan Imam Besar Masjid Al-Markaz Makassar KH Hasan Basri dan seluruh kafilah dari 16 kecamatan di Polman.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed