by

Hadiri Pelaksanaan HPN 2020 di Kalsel, Ini Kata Sekprov Sulbar

SULBARONLINE.COM, Kalsel – Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, Muhammad Idris menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Halaman Sekretariat Daerah Pemprov Kalsel, Sabtu, 8 Februari 2020.

Bersama Sekprov Sulbar, Muhammad Idris , juga hadir Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abd. Rahim dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Sulbar, Safaruddin Sunusi DM.

Presiden Joko Widodo hadir membuka acara HPN tersebut bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua MPR RI Bambang Susetyo serta Mekopolhukam Mahfud MD.

Terkait peringatan HPN tahun ini, Sekprov Sulbar Muhammad Idris berharap semoga dengan keberadaan pers, khususnya di Pemerintah Provinsi Sulbar semakin memberikan kontribusi kongkrit terhadap daerah.

“Harus berada paling depan untuk melakukan perbaikan. Termasuk apa yang dipidatokan Presiden Joko Widodo benar-benar menjadi pilar demokrasi yang kuat, karena demokrasi yang baik adalah jalan untuk perbaikan, termasuk di Sulbar,” kata Idris.

Ia pun berharap dengan hadirnya insan dan institusi pers yang semakin sehat membuat Sulbar semakin kuat.

Idris berpendapat, Sulbar tidak boleh terus-terus menjadi partisipan setiap pelaksanaan HPN. Namun harus memiliki spirit, membangun kohesi bersama bagaimana Sulbar bisa menjadi penyelenggara HPN.

“Harus ada upaya untuk jadi tuan rumah. Tentu saja tidak mungkin ujuk-ujuk semua yang terlibat di pers di Sulbar harus membangun kohesi bersama untuk mempersiapkan untuk,” ujarnya.

Misalnya, lanjut Idris, Sulbar canangkan di tahun 2023 atau 2024 jadi tuan tumah. Menurutnya, ini mungkin kelihatan lama tapi terlalu singkat untuk mempersiapankan jadi tuan rumah.

“Paling tidak seperti standar yang disiapkan hari ini (HPN Kalsel). Harapan ini tidak akan terwujud kalau kita tidak biasakan membangun kolaborasi dan kesepahaman, apa yang seharusnya dilakukan,” sebutnya.

Misalnya, lanjut mantan Deputi Bidang Diklat LAN ini,mendorong sertifikasi kompetensi untuk para insan pers di Sulbar.

“Karena kita harus berpikir untuk Sulbar besar harus dibesarkan oleh orang-orang pers yang baik. Seperti yang dikatakan Pak Jokowi bahwa berita-berita yang baik akan menyehatkan masyarakat, ini yang kita harapkan, jangan kita punya kredo provinsi malaqbi tapi justru tidak malaqbi dalam bagian-bagian tertentu. Jadi kita jadikan moment ini sebagai moment perubahan,” jelasnya.

Sementara itu Kadis Kominfo,Persandian dan Statistik Sulbar, Safaruddin Sunusi DM berharap sinergitas terus terbangun dalam melakukan langkah-langkah pembinaan untuk memperbaiki kualitas pers khususnya di Sulbar.

“Kita akan terus mendorong pembinaan-pembinaan sehingga pers kita di Sulbar semakin berkualitas. Sehingga anggaran tidak hanya sekedar habis bekerjasama dengan media tapi harus ada hasil yang diharapkan,” tuturnya.

Dalam waktu dekat pihaknya akan berkonsultasi dengan Menteri Kominfo, dan berupaya untuk menghadirkan di Sulbar membicarakan beberapa hal untuk kemajuan Sulbar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed