Hasil Ujian Seleksi PPK Diperiksa di Depan Peserta, KPU Mamuju Tengah Tuai Apresiasi

SULBARONLINE.COM, Topoyo – Seleksi tertulis Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada yang berlangsung berlangsung serentak di sebagian besar daerah di tanah air, Kamis, 30 Januari 2020 menyisakan sejumlah hal menarik.

Di kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) , Sulawesi Barat misalnya, puluhan peserta ujian seleksi calon penyelenggara pilkada menyampaikan pujian kepada KPU kabupaten setempat setelah melihat metode pemeriksaan ujian tulis yang dilakukan pasca ujian.

Pujian dari para peserta seleksi calon PPK kabupaten Mamuju Tengah tersebut terlontar merespon keputusan KPU Mamuju Tengah memeriksa hasil ujian tulis seleksi PPK yang langsung dilakukan di hadapan para peserta. Pemeriksaan dan pemeringkatan hasil ujian seleksi tersebut rampung, Jumat, 31 Januari 2020.

“Ini yang kami apresiasi, lembar hasil jawaban, langsung kami lihat diperiksa, kami ikut menyaksikan pemeriksaan bersama – sama. Karena ini sangat transparan, tentu kami sangat puas, apapun hasilnya nanti, kami lega karena adanya keterbukaan,” kata seorang peserta, Wulandari.

Peserta lainnya, Firman yang berasal dari kecamatan Budong – Budong juga menyampaikan pujian atas langkah KPU Mamuju Tengah yang langsung memeriksa lembar hasil jawaban dan memberikan kesempatan bagi peserta untuk melihat proses pemeriksaan.

“Langkah yang sangat bagus KPU Mamuju Tengah, ini seleksi yang terbuka dan transparan, kami bisa ikut memantau langsung,” kata Firman.

Para peserta menyatakan pemeriksaan secara langsung oleh KPU Mamuju Tengah tersebut, semangat transparansinnya sama dengan seleksi tulis menggunakan computer CAT. Pada seleksi tertulis dengan metode CAT, system computer juga langsung memeriksa pekerjaan peserta dan segera diketahui hasilnya.

Seleksi ujian tulis calon PPK Pilkada Mamuju Tengah berlangsung di aula SMK Al Mubarak, Topoyo. Hadir dalam pelaksaan ujian tulis tersebut : ketua KPU Mamuju Tengah, Nasrul bersama para anggota KPU Mamuju Tengah yakni : Sampe Amiruddin, Jasmuddin dan Muhdar.

Tampak juga ikut melakukan monitoring di pelaksanaan test tersebut, koordinator divisi Hukum KPU Provinsi Sulbar, Farhanuddin . Ketua dan anggota Bawaslu Mamuju Tengah bersama para staf Bawaslu juga hadir melakukan pengawasan ujian seleksi tulis.

Pemeriksaan hasil ujian seleksi tulis yang terbuka di depan peserta itu, dilakukan dengan pencocokan antara jawaban para peserta dengan kunci jawaban.

Sepanjang pemeriksaan berlangsung, puluhan peserta antusias mengamati.
Selain para peserta, pemeriksaan lembar jawaban juga diawasi Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Mamuju Tengah.
Pemeriksaan lembar ujian tulis tersebut dilakukan oleh tim pokja KPU Mamuju Tengah terdiri atas Komsioner dan staf.

Selain para peserta, langkah pemeriksaan hasil ujian secara cepat dan dapat disaksikan secara terbuka para peserta tersebut juga menuai apresiasi dari Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Mamuju Tengah.

Ketua Bawaslu Mamuju Tengah, Elmansyah mengatakan pemeriksaan hasil ujian secara langsung dan disaksikan para peserta merupakan langkah yang tepat dalam upaya mewujudkan transparansi dan keterbukaan.

“Tentu ini sangat baik, langkah tersebut dilakukan untuk menjaga semangat transparansi,” kata Elmansyah.

 

Hasil Ujian

Ketua KPU Mamuju Tengah, Nasrul menyampaikan keputusan untuk memberikan kesempat kepada para peserta ikut melihat proses pemeriksaan lembar jawaban semata-mata dalam upaya mewujudkan transparansi proses rekrutmen.

“Kami langsung periksa (hasil ujian -), semata – mata untuk menjalankan asas keterbukaan dan tranparansi, semua pihak boleh melihat,” kata Nasrun.

Ketua Pokja Seleksi PPK Mamuju Tengahm Sampe Amiruddin menjelaskan peserta ujian seleksi tertulis PPK kabupaten Mamuju Tengah 68 orang, namun lima orang tidak hadir saat ujian.

Sesuai tahapan, pengumuman secara resmi hasil seleksi tertulis akan dilaksanakan pada 03 – 05 Februari 2020, kemudian setelah itu akan memasuki tahapan seleksi wawancara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *