Sepekan Jelang Festival Maradika, Panitia Matangkan Persiapan

Mamuju, Ragam, Sosial1021 Views

SULBARONLINE.COM, MAMUJU—Perhelatan Festival Maradika Mamuju Forum Silaturahmi Keraton Nusantara 2019, terhitung tinggal beberapa hari lagi.

Lantas bagaimana kesiapan even kebudayaan terbesar pertama yang digelar tanggal 16 hingga 19 Desember mendatang itu?

Ketua Panitia Festival Maradika Mamuju 2019 Irwan SP Pababari mengatakan, hampir seluruhnya telah disiapkan panitia pelaksana, termasuk yang tak kalah penting terkait akomodasi dan transportasi untuk tamu kerajaan.

“Alhamdulillah kami sudah lakukan persiapan, tadi kami rapat dengan beberapa camat yang nantinya bersinggungan langsung dengan kegiatan ini, untuk memastikan bahwa kegiatan ini benar-benar seluruh lapisan masyarakat ikut aktif, termasuk memasang umbul-umbul dan kebersihan tempat masing-masing. Hal-hal teknis yang sudah dilakukan oleh kepanitiaan itu sudah hampir ramoung semua, akomodasi dan transportasi buat para tamu dan lokasi yang akan dikunjungi itu sudah fix,”terang Irwan Pababari saat dikonfirmasi di Mamuju, Selasa (10/12).

Meski demikian, Irwan belum bisa membeberkan kepastian jumlah kerajaan yang bakap hadir di Festival Maradika. Namun, saat ini kata Irwan, 104 kerajaan di Indonesia telah mengkonfirmasi untuk hadir, plus kerajaan Internasional Brunei Darussalam.

“Soal jumlah kerajaan yang akan datang, Insya Allah besok kami konfrontir kembali dari 104 kerajaan yang menyatakan hadir ditambah kerajaan brunei darussalam. Untuk persiapan penyambutan Kami setarakan semua, karena ini perhelatan nasional, jadi semua setara dengan raja-raja yang lain,” tambahnya.

Untuk diketahui, rangkaian acara Festival Maradika Mamuju 2019 bakal di isi sejumlah event budaya yang menarik, diantaranya, Tari Kolosal Lasalaga, Ritual Adat Sossor Manurung, Pameran dan Pasar Budaya, Kirab Budaya & Mamuju Fashion Carnival, dan event budaya lainnya.(Mursyid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *