by

DPRD dan Diskominfo Sulbar Kunker ke Pemprov Sulsel, Ini Tujuannya

SULBARONLINE.COM, Sulsel – Komisi I DPRD Sulawesi Barat, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Sulsel, yang digelar ruang Command Center lantai 4 Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (20/12/19).

Kunjungan rombongan dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Sulbar, Usman Suhuriah, diterima langsung Kepala Diskominfo-SP Sulsel, Andi Hasdullah. Selain itu, turut hadir Ketua Komisi I DPRD Sulbar, Samsul Samad dan para anggota dewan dari Komisi I serta didampingi Kepala Diskominfo-SP Sulbar, Safaruddin Sanusi, Kabid Layanan E Goverment, Ridwan Djafar beserta rombongan.

Kadis Diskominfo SP Sulbar, Safaruddin Sanusi menjelaskan, bahwa selama ini di pemerintah provinsi Sulbar khususnya Dinas Kominfo Sulbar telah menerapkan sistem tata kelola pemerintahan berbasis elektronik yang mengacu pada aturan UU nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE di setiap OPD.

Menurutnya, untuk menerapkan sistem tersebut pada OPD, telah dilakukan pelatihan dan bimtek khusus SPBE. Di kominfo juga, telah membuka ruang belajar bagi staf OPD untuk belajar.

“SPBE adalah bagian yang harus kita hadapi di zaman era digital. Maka dari itu kami beserta anggota DPR Sulbar dari Komisi 1 yang membidangi kominfo datang ke Sulsel untuk bisa melihat sudah sejauh mana sistem SPBE ini diterapkan,” katanya.

Kunjungan ini, lanjut Safaruddin, juga untuk nempelajari sistem tata kelola pemerintahan berbasis elektronik di Pemprov Sulsel. Ada dua poin yang ditekankan, diantaranya terkait pejabat pengelola informasi daerah (PPID) dan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

“Walaupun keduanya itu kita masih lemah, makanya kami bersama DPRD Sulbar berkunjungan ke Pemprov Sulsel. Dan kami banyak mendapat penjelasan terkait pengembangan SPBE untuk Sulbar dan akan kami benahi ke depan,” tutur Safaruddin.

Dia mengatakan, pihaknya memang baru memulai membangun sistem di Pemprov Sulbar. Fokusnya, perbaikan infrastruktur untuk mewujudkan sistem tata kelola informasi tahun 2020 mendatang.

Diskominfo-SP Sulbar, kata dia, juga tengah menyiapkan sumber daya manusia yang bakal mengelola. Dengan SDM yang telah ada di Kominfo Sulbar tentunya ini menjadi pendorong bagi kami untuk bisa mewujudkan tata kelola ini di jajaran pemerintah Sulbar.

Mantan Kepala Biro Umum Pemprov Sulbar ini optimiatis hal tersebut bisa terwujud. Apalagi DPRD Sulbar khususnya Komisi I sebagai mitra kerja, siap mendukung.

“Saya berterimakasih karena di tahun 2019 menuju 2020, kami disupport habis anggota DPRD Sulbar khususnya di Komisi I,” ucapnya.

Ketua Komisi I DPRD Sulbar, Samsul Samad menambahkan, sistem tata kelola pemerintahan berbasis elektronik menjadi hal mutlak diterapkan. Apalagi saat ini memasuki era digitalisasi.

“Karena itu kami di DPRD Sulbar khususnya Komisi I berkomitmen ikut mendukung. Jadi segala hal yang ingin dicapai Provinsi Sulbar, khususnya Diskominfo, akan kita support,” tegas Samsul.

Dia melanjutkan, dipilihnya Diskominfo-SP Sulsel sebagai lokasi kunjungan, karena prestasi Pemprov Sulsel dalam hal penerapan sistem tata kelola informasi. Diharapkan, hasil kunjungan ini bisa diterapkan untuk peningkatan pembangvunan Pemprov Sulbar ke depan.

Sebelumnya, rombongan Komisi I DPRD Sulbar berjumlah 10 orang juga telah melakukan kunjungan ke Diskominfo Kota Makassar. Untuk mempelajari sistem teknologi keterbukaan informasi yang diterapkan Pemkot Makassar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed