by

Diterima Disdag Mamuju, Kementerian Serahkan Bantuan Gerobak Dagang Buat PKL

SULBARONLINE.COM, MAMUJU-Direktorat Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, menyalurkan bantuan gerobak dagang bagi pedagang kaki lima di Kabupaten Mamuju, Majene dan Mamasa.

Penyaluran bantuan sarana usaha perdagangan ini, dilakukan secara simbolis di Aula Kantor Bupati Kabupaten Mamuju, Selasa (10/12).

Sekretaris Direktorat Jendral Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Syailendra, menyerahkan bantuan tersebut kepada Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP Pababari, kemudian diteruskan kepada penerima bantuan yang juga disaksikan langsung Anggota DPD RI Andry Prayoga Putra Singkarru, Wakil Ketua DPRD Mamuju, Andi Dodi Hermawan, dan Plt. Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, Imelda Pababari.

“Sebuah kebanggan bagi kami atas penempatan Mamuju sebagai lokasi penyerahan gerobak pedagang kaki lima bantuan dari kementerian dalam rangka membangkitkan UMKM. Kami berharap bantuan ini berkelanjutan, bukan di tahun ini saja, sebab Mamuju sebagai ibu kota provinsi, semua profesi disini hampir lengkap termasuk pedagang kaki lima yang memang banyak tersebar di wilayah kota, ini perlu backup dari pemerintah,” pungkas Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP Pababari.

Kedepan kata Irwan, eksistensi pedagang kaki lima bukan hanya diperhatikan dari sisi pemberian bantuan. Melainkan sebut dia, para pedagang ini juga nantinya disediakan ruang berdagang agar tidak menggangu estetika keindahan Kota Mamuju.

“Ya karena belum teratur, mereka kadang mengambil bahu jalan yang kemudian mau tidak mau membuat tenda dan gerobak berbagai ukuran , dan akhirnya ‘maaf’ itu sangat menggangu estetika kota. Tetapi disisi lain secara kemanusiaan mereka butuh tempat dalam melakukan aktifitas perdagangannya, akhirnya dengan turunnya bantuan ini merupakan anugrah bagi pedagang kaki lima. Apalagi Kami akan menjadi daerah penyangga ibukota negara, hal sekecil apapun kita akan siapkan, termasuk pedagang kaki lima. Pedagang kaki lima menjadi bagian terpenting untuk diperhatikan,” tambah Irwan.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jendral Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Syailendra, mengatakan, bantuan gerobak dagang sebanyak 50 unit ini, merupakan program yang ada di kementrian perdagangan, sebagai suatu upaya untuk menstimulasi UMKM.

“Kita juga berharap dengan bantuan ini ada peningkatan omset penjualan dari pedagang. Ini juga sesuai dengan arahan presiden, bagi kami wajib untuk saya datang memastikan program ini jalan dan disalurkan tepat sasaran dan manfaatnya benar-benar dirasakan. Banyak program yang dibuat oleh pusat, tetapi sekali lagi perpanjangan tangan kami di daerah itu kepala dinas, yang kami mengharapkan ada tawaran konsep agar bantuan bisa kami salurkan,”kata Syailendra.

Untuk diketahui, selepas memberikan bantuan gerobak dagang untuk pedagang kaki lima, rombongan kementrian dan Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, menyempatkan diri mengunjungi Pasar Sentral Mamuju untuk melakukan monitoring.(Mursyid)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed