by

LO Festival Maradika Mamuju Ikuti Pembekalan

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Panitia Festival Maradika Mamuju 2019 mengumpulkan Liaison Officer (LO) untuk mengikuti pembekalan dan penjelasan seputar tugas-tugas penting yang akan dijalankan pada event berskala nasional pada 16-19 Desember mendatang.

Sekira 15 LO yang telah diseleksi mendapat pengetahuan tambahan yang langsung diisi oleh Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP Pababari yang juga merupakan ketua Panitia kegiatan, Sekretaris Panitia Usdi, serta tim kreator diantaranya Andi Saiful Rauf, Ashari Rauf dan Imelda dan dipandu koordinator LO Rengga.

Sekretaris Panitia, Usdi menyampaikan, tugas inti dari LO ini merupakan penghubung serta mengomunikasikan segala sesuatu antara kepentingan tamu dengan panitia.

“Jadi segala kebutuhan para peserta terkait dengan rangkaian acara, akan dikomunikasikan oleh LO. Sehingga para LO hari ini (kemarin, red) kita berikan arahan, pengetahuan terkait dengan dua item yakni acara yang akan kita lakukan, dan pengetahuan lainnya mulai dari pengetahuan umum tentang Mamuju dan budaya Mamuju itu sendiri,” ucap Usdi yang juga merupakan Kepala Disbudpar Mamuju, di Cafe Rangas Beach Mamuju, Selasa 12 November.

Kata dia, LO akan ditugaskan mendampingi rombongan kerajaan sejak tiba di Mamuju hingga para tamu ini kembali pulang. Sehingga menurutnya, proses ini akan terus berlanjut.

“Setelah pembekalan ini kami minta untuk membuat group di dalamnya akan ada Pak Ketua Panitia, Ashari Rauf, Andi Saiful Rauf, Imelda para LO dan saya sendiri. Melalui group WA ini nanti kita bisa saling share pengetahuan tambahan lagi dengan mereka (LO),” sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan Usdi, para LO ini merupakan orang pilihan karena mereka yang akan mewakili panitia dalam memberikan pelayanan, sehingga harus memiliki Attitude yang baik, sikap, perlakuan dan sebagainya.

“Bukan hanya bahasa lisan yang akan mereka berikan pada tamu, tetapi juga bahasa tubuh, ini terkait dengan etika dan sebagainya. Tentu tidak terlepas dari karakter dan adat kita, dan paling penting mereka harus tau karakter yang akan didampingi. Nah ini yang menjadi dasar penyeleksian,” sambung Usdi.

Saat ini menurut Usdi, jumlah ideal LO dalam event nanti sekira 20 orang, tetapi akan menyesuaikan dengan respon tamu kerajaan yang akan datang di Mamuju nanti.

“Kalau responnya tinggi bisa saja satu LO akan kami tugaskan mendampingi 1-2 Kerajaan,” paparnya lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Maradika Mamuju 2019, H. Irwan Satyaputra Pababari, menjelaskan bahwa LO yang akan berperan nantinya mendamping raja-raja harus benar-benar menampilkan pelayanan dan komunikasi yang baik.

“Kemudian LO hendaknya intens membangun komunikasi kepada panitia jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai. Jangan sampai ada kesan yang tidak baik yang diterima oleh para yang mulia raja-raja tersebut. Makanya teman-teman LO harus maksimal,” kata Wakil Bupati Mamuju ini.

Selain itu, tambah Irwan, para LO harus rutin mencari literatur dan referensi terkait Mamuju, budaya Mamuju dan segalam macam yang berkaitan dengan Mamuju.

“Misalnya tentang wilayah, adat, pakaian, kuliner, dan lain-lain. Intinya, kawan-kawan harus banyak cari referensi dan literatur terkait Mamuju itu sendiri. Sebab nanti, tidak menutup kemungkinan para raja-raja ini menyuguhkan pertanyaan seputar Mamuju dan budaya Mamuju,” tutupnya.

Sekadar diketahui, untuk progres secara umum terkait kesiapan panitia, hingga saat ini sudah sampai diangka 50-60 persen.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed