by

Almalik Pababari Sosialisasi 4 Pilar di SMAN 1 Mamuju

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) wakil Sulawesi Barat, H. Almalik Pababari, menggelar sosialisasi 4 Pilar MPR-RI, Jumat (29/11/19) di SMA Negeri 1 Mamuju.

Hadir sebagai narasumber, Staf Ahli DPD RI H. Amran HB dan Akademisi dari Unika Mamuju sekaligus Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Sulawesi Barat, Dr. Rahmat Idrus. Dialog berjalan dipandu oleh Sekretaris FKPT Sulbar, Ashari Rauf.

Dalam kesempatannya membuka acara, Anggota DPD RI, H. Al Malik Pababari memperkenalkan lembaga DPD RI kepada ratusan pelajar.

“Anak-anak SMA atau generasi memang juga harus mengetahui apa itu DPD RI. Apa perbedaan DPR RI dan DPD RI. Juga terkait tugas dan fungsi dari DPD RI itu sendiri,” kata Al Malik Pababari.

Terkait sosialisasi 4 Pilar, mantan Anggota DPRD Sulbar tiga periode ini mengaku, pentingnya generasi muda, khususnya para pelajar memahami dengan baik 4 Konsensus bersama atau 4 Pilar, yakni Pancasila, UU Dasar NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Generasi harus memahami betul 4 pilar, Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Pancasila sebagai ideologi negara, UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara,” sebutnya.

Mantan Bupati Mamuju ini beeharap, agar Pancasila sebagai ideologi dan pedoman berbangsa dapat ditanamkan dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Olehnya anak-anakku sekalian, Pancasila ini yang utama sebab merupakan ideologi kita dalam berbangsa dan bernegara. Harus kita inplementasikan nilai-nilainya dalam kehidupan ini,” tutup Al Malik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed