by

Pemprov Sulbar Komitmen Dukung Festival Maradika Mamuju

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Pemerintah provinsi Sulawesi Barat berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan Festival Maradika Mamuju 2019.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar (ABM) usai menerima delegasi panitia pelaksana Festival Maradika Mamuju di ruang kerja Gubernur, Rabu (23/10/19).

Pada kesempatan itu, Ali Baal mengatakan, nilai kepariwisataan dan pelestarian budaya yang dimuat festival Maradika Mamuju tersebut mesti didukung secara optimal.

Bukan hanya oleh pemerintah provinsi saja, Ali Baal menegasakan, pemerintah kabupaten se Sulawesi Barat pun harus berpartisipasi dalam menyukseskan even yang juga forum silaturrahmi kraton Nusantara (FSKN) itu.

“Kita bersyukur karena apa yang telah direncanakan oleh Pemkab Mamuju
dan pemuka adat di sini utamanya Pak Andi Maksum Dai itu bisa terwujud mengadakan pertemuan Raja-Raja Nusantara yang dilaksanakan di kota Mamuju. Tentu perlu dukungan dari Pemprov, termasuk dukungan dari Bupati-Bupati, ada lima kabupaten kalau bisa harus mendukung,” terang Ali Baal Masdar.

Menurut dia, bentuk dukungan dari pemerintah kabupaten tersebut idealnya diwujudkan bukan hanya sekadar menghadirkan Raja-Raja yang ada di daerahnya.

“Tapi bagaimana Pemkab juga itu hadir dengan prestasi-prestasi lokal. Misalnya ada kuliner, seni tari, atau seni suara dalam tiga hari pelaksanaan kegiatan itu,” sambung Ali Baal.

Pemerintah provinsi Sulawesi Barat, kata Ali Baal, bakal melayangkan surat resmi kepada pemerintah kabupaten untuk dapat secara aktif mendukung pelaksanaan festival Maradika Mamuju 2019 tersebut.

“Pemerintah kabupaten agar mau membiayai kontingen-kontingen yang ada di masing-masing daerah. Itu yang kita harapkan,” ujar mantan Bupati Polman itu.

Ali Baal menegaskan, apa yang dibutuhkan oleh pantia pelaksana festival Maradika Mamuju, akan dibantu oleh pemerintah provinsi. Menurut Ali Baal, bentuk fasilitasi atau bantuan yang dimaksud tentu akan disesuaikan dengan kemampuan pemerintah provinsi Sulawesi Barat.

“Tentu melihat dengan kemampuan kita memberikan dukungan dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Memang ada masalah sedikit utamanya tentang pembiayaan, karena ini diajukan setelah perubahan APBD. Tapi itu bukan halangan untuk berbuat sesuatu, masih banyak jalan. Yang penting kegiatan ini bisa terlaksana, berjalan dengan baik dan mulus,” jelasnya.

Saat menggelar audiensi dengan Gubernur, delegasi kepanitiaan festival Maradika Mamuju 2019 dipimpin langsung oleh ketua panitia festival Maradika Mamuju 2019, Irwan Pababari. Ia didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mamuju, Usdi. Hadir pula pada pertemuan hari itu Kepala Dinas Pariwisata provinsi Sulawesi Barat, Farid Wajdi.

Seperti diberitakan, festival Maradika Mamuju 2019 bakal digelar 16-19 Desember 2019. Ragam pementasan seni dan budaya, pameran kebudayaan, termasuk sederet kegiatan pariwisata di Pulau Karampuang dipastikan bakal jadi satu rangkaian utuh pada gelaran festival Maradika Mamuju 2019, selain jadi ajang bertemunya perwakilan keraton se Nusantara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed