Pemprov Sulbar Genjot Optimalisasi Pemanfaatan TI

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Upaya optimalisasi pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam penyelenggaraan Pemerintahan dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada lingkup Pemprov Sulbar terus dilakukan.

Hal itu terlihat ketika Sekprov Sulbar, Dr. Muhammad Idris mengumpulkan Tim Evaluator Internal SPBE di ruang kerjanya, Rabu 23 Oktober 2019.

Tim Evaluator Internal SPBE terdiri dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulbar, seperti Dinas Komunikasi Informatika , Persandian dan Statistik, Bappeda, BPKPD, BKD, Inspektorat, Biro Ortala dan Tata Laksana, Biro Hukum dan Biro Ekbang.

Dalam pertemuan tersebut, Sekprov Sulbar Muhammad Idris, menekankan pemanfaatan TI akan dapat optimal atau berjalan dengan baik, apabila ada komitmen menerapkannya, serta semua OPD terkait saling terintegrasi.

“Pekerjaan ini tidak akan selesai hanya di Sekda, Asisten dan Kepala OPD saja, namun harus ada komitmen untuk memastikan hal ini berjalan,” tandas Idris

Dikemukakan, pemanfaatan TI yang optimal dalam penyelenggaraan pemerintahan melalui SPBE, menjadi kunci dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

“Kalau kita ingin berpemerintahan dengan tata kelola yang baik, maka pemanfaatan TI ini kuncinya,” ujar mantan Deputi Bidang Diklat LAN ini.

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, dalam paparannya menyampaikan beberapa hal, diantaranya tujuan evaluasi SPBE dan rencana kerja Tim Koordinasi dan Evaluasi SPBE pada 2020.

Safaruddin menjelaskan, terdapat sejumlah tujuan yang ingin dicapai dari evaluasi SPBE, yakni untuk mengetahui capaian kemajuan pelaksanaan SPBE pada instansi pusat dan pemerintah daerah.

Selain itu, kata Safaruddin, juga memberikan sarana perbaikan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan SPBE, serta menjamin kualitas pelaksanaan SPBE pada instansi pusat dan pemerintah daerah.

“Ketiga tujuan evaluasi SPBE ini berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 5 Tahun 2018 tentang pedoman evaluasi SPBE,”ucap Safaruddin yang juga selaku Supervisor dalam Tim Evaluasi Internal SPBE.

Sedangkan, untuk rencana kerja Tim Koordinasi dan Evaluasi SPBE pada 2020, Safaruddin mengungkapkan, tim memiliki sejumlah rencana kerja ke depan.
Pertama, sebut dia, mendorong terwujudnya dokumen arsitektur dan peta rencana SPBE Pemprov Sulbar 2020-2025. Kedua, memfasilitasi terwujudnya proses bisnis penyelenggaraan pemerintahan daerah dan seluruh OPD. Ketiga, melakukan koordinasi dalam rangka penggunaan aplikasi umum berbagai pakaian yang terintegrasi secara nasional.

Selanjutnya, keempat, mewujudkan pembangunan aplikasi khusus dan keterpaduan/integrasi antar aplikasi untuk optimalisasi layanan. Kelima, menfasilitasi percepatan penyediaan infrastruktur teknologi informasi. Keenam, mendorong penyediaan rencana dan anggaran untuk pelaksanaan SPBE.

Kemudian, ketujuh mengkoordinasikan tata kelola data dan informasi digital yang terintegrasi dan terstandar. Kedelapan, melakukan monitoring dan evaluasi SPBE internal Pemprov dan enam kabupaten dan kesembilan, memberikan insentif bulanan pada anggota Tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *