by

Lihat, Gotong Royong TNI dan Masyarakat dalam Program TMMD

SULBARONLINE.COM, Sanjango – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -106 Tahun 2019, oleh Kodim 1418 Mamuju yang dipusatkan di Desa Sanjango, Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah (Mateng) kini mulai berjalan.

Seperti biasa, program ini selalu mendapat apresiasi, dukungan dan sambutan hangat bagi warga yang ada di pelosok Desa, termasuk di Desa Sanjango ini.

Hal itu, sebagai bukti kedekatan yang selalu ditunjukkan oleh TNI kepada masyarakat, termasuk di Desa Sanjango ini.

Pada hari Kamis, 3 Oktober 2019, program yang kali pertama dilakukan Kodim 1418 Mamuju adalah pembangunan atau pembuatan plat duiker di Desa bagian Timur Kecamatan Karossa ini.

Saat bekerja, nampak terlihat kedekatan dan keakraban antara TNI dan masyarakat sekitar. Mereka bergotong royong. Meski harus meninggalkan pekerjaan rutinitas mereka sehari-hari sebagai petani, namun sebagai warga di Desa itu, secara suka rela membantu prajurit TNI yang bertugas memperbaiki infrastruktur desa mereka.

Dengan menggunakan perlengkapan seadanya seperti sekop dan cangkul, secara bergantian mereka semangat mencampur adonan semen untuk keperluan pembuatan plat duiker.

Warga membantu secara ikhlas dan tulus. Mereka nampaknya sangat tergugah melihat semangat dan kerja keras yang ditunjukkan oleh prajurit TNI melalui TMMD tersebut, sehingga warga terdorong ikut membantu pekerjaan itu.

Apalagi, memang jalan dan infrastruktur yang dibangun itu juga untuk keperluan akses masyarakat setiap hari, termasuk aksesibilitas dalam peningkatan ekonomi mereka.

Kapten Inf. Muhtar Komandan SSK Satgas TMMD 106 tidak menyangka pada mulanya, bahwa warga sangat antusias dalam membantu pengerjaan Plat Duiker ini.

Dia mengaku terharu atas kepedulian dan semangat yang ditunjukkan oleh warga, yang secara sukarela ikut mengambil bagian dalam membantu prajurit TNI di Desa mereka.

“Mereka adalah sumber penyemangat kami, kalau warga masih semangat kita TNI tidak boleh kalah. Kita juga harus semangat,” ucapnya kepada wartawan, Kamis 3 Oktober 2019.

Sekadar diketahui, warga setiap hari tampak selalu membantu dalam pengerjaan jalan ini, dan ditargetkan akan dirampungkan Satgas TMMD 106 Kodim 1418/Mamuju sebanyak 5 unit Plat Deuker. (Editor: Ashari Rauf).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed