by

575 Anggota DPR Resmi Dilantik, Arwan : Saya Akan Bekerja Maksimal untuk Sulbar

SULBARONLINE.COM, Jakarta – Sebanyak 575 Anggota DPR RI hasil Pemilu 2019 resmi dilantik pada hari ini di Gedung ‘Kura-kura’, Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/19).

Sejak pagi, satu persatu anggota legislatif memasuki gedung DPR RI. Mereka semua akan bekerja untuk periode 2019-2024.

Hasil pantauan SULBARONLINE.COM melalui layar yang disiapkan di depan Gedung Nusantara III, nampak terlihat prosesi pelantikan yang diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 98/P/2019 tentang peresmian anggota DPR periode 2019-2024 oleh Sekjen DPR RI, Indra Iskandar.

Setelah itu, Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali pun mengambil tempat di sisi podium. Sejumlah perwakilan anggota DPR maju ke depan podium sidang. Masing-masing tokoh agama lantas mengambil tempat berdiri di samping para perwakilan anggota DPR terpilih itu dengan membawa kitab suci.

Para anggota DPR pun dilantik dan ambil sumpahnya. Para legislator baru itu mengucapkan janji dan sumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

“Apakah saudara bersedia bersumpah menurut agama dan kepercayaan saudara masing-masing,” ujar Hatta kepada wakil rakyat baru itu.

Mendengar pertanyaan itu, seluruh wakil rakyat baru itu menyatakan kesediaannya.

“Bersedia,” jawab mereka serempak.

Hatta lalu mengingatkan kembali sumpah atau janji itu harus ditepati untuk kebaikan bangsa dan negara Indonesia secara keseluruhan. Setelah itu, Hatta pun menuntun pembacaan sumpah secara perlahan-lahan agar bisa diikuti para wakil rakyat.

“Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah/berjanji: bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan; bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Ada 4 anggota DPR RI dari Provinsi Sulawesi Barat yang dilantik bersama 571 Legislator lainnya dari 34 Provinsi se Indonesia.

H. Arwan Aras merupakan salah satu dari 3 anggota DPR RI terpilih perwakilan Sulbar yang dilantik hari ini. Politisi muda asal PDI Perjuangan itu dilantik bersama Suhardi Duka dari Partai Demokrat, Andi Ruskati Ali Baal dari Partai Gerindra dan Ratih Megasari Singkarru dari Partai Nasdem.

Arwan Aras kepada SULBARONLINE.COM usai pelantikan, menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Sulawesi Barat atas kepercayaannya sehingga ia dapat dilantik di gedung yanh didirikan Tahun 1965 itu.

“Terimakasih (Kepada masyarakat Sulbar) dan Insya Allah saya akan bekerja dan mengabdi semaksimal mungkin selama 5 tahun kedepan,” pungkas Arwan yang didampingi istri.

Selain pengambilan sumpah untuk DPR RI, juga dilakukan pelantikan untuk DPD dan MPR RI. Dari 136 anggota DPD RI yang dilantik, 4 di antaranya dari Dapil Sulawesi Barat, yakni H. Almalik Pababari, Iskandar Baharuddin Lopa, Andri Prayoga Singkarru dan Ajbar Abdul Kadir. (Ashari).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed