Safaruddin Sanusi: Ide To Malaqbi Adalah Penjabaran Karakter Pancasila

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, menggelar Forum Aksi Pendidikan Berkarakter Pancasila di ruang pertemuan lantai 2 kantor gubernur Sulbar, Senin (30/09/19).

Mengusung tema “Semangat Gotong Royong, Kebhinekaan Persatuan dan Kesatuan, menuju Indonesia Maju”, Forum Aksi Pendidikan Karakter Pancasila ini bertujuan agar generasi Mlmilennial dan generasi Z, bisa mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, mengatakan pencanangan program Ide To Malaqbi di Pemprov Sulbar merupakan salah satu penjabaran dari nilai-nilai pendidikan karakter Pancasila.

“Pada hari ini kedatangan tamu yang akan memberikan materi yang pasti tujuannya untuk bagaimana kita diberikan bekal sehingga ada keteladanan dalam diri kita tentang pancasila yang bisa berpengaruh kepada masyarakat dan lingkungan sehari-hari,” kata Safaruddin.

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenkominfo RI, Wiryanta, mengatakan bahwa inti dari poancasila ialah bagaimana bergotong royong dalam memboomingkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.

“Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup dan ideologi bangsa Indonesia, tidak hanya menjadi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, tetapi juga dapat menjadi salah satu alat pendewasaan dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab, pancasila banyak mengajarkan nilai-nilai leluhur bangsa indonesia, seperti gotong royong, tolong menolong, saling menghargai perbedaan dan saling memaafkan. Nilai-nilai tersebut sangat penting di tengah masyarakat indonesia yang beragam suku, agama, ras, bahasa, budaya dan lain-lain,” jelas Wiryanta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *