Sekprov Sulbar Tinjau Korban Banjir Kalukku

SULBARONLINE.COM, Kalukku – Seketaris Daerah Provinsi Sulbar, Dr. Muhammad Idris melakukan penijuan ke lokasi korban banjir di Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Senin (4/3/19).

Kunjungan Sekda Provinsi Sulbar ini didampingi oleh Kepala BPBD Sulbar dan Ketua Dharma Wanita Persatuan.

“Pemantauan secara langsung ini, saya tidak bayangkan separah ini kejadian Kamis malam lalu. Saya pikir ini cuma genangan air dalam kota tapi ternyata ini sangat besar dampaknya kalau kita lihat akibat yang ditimbulkan dari malapetaka ini,” kata Muhammad Idris kepada wartawan.

Menurutnya, masyarakat, pemerintah dan warga negara yang ada di Sulbar harus memiliki kesadaran peringatan-peringatan. Musibah ini, kata dia, bisa terjadi karena alam melebihi kapasitas curah hujan yang ada. Namun, dengan kejadian ini jangan sampai ada kelalaian manusia yang ada di dalamnya.

“Kita bersyukur karena tidak ada korban jiwa, tetapi dari kerugian materi sangat besar, ini kesempatan untuk sekaligus mendemonstrasikan bagaimana bekerja bersama antar komponen yang bertanggung jawab seperti BNPB Kabupaten, BNPB provinsi, kawan-kawan Korem, Dandim, Polres, Lurah, Camat, dan LSM yang dan bergerak di bidang itu harus dibiasakan,” sebut Idris.

Mantan Kepala Deputi Bidang Diklat LAN ini mengaku, harus ada reaksi cepat yang diperagakan. Harus ada target empat sampai lima hari kedepan harus selsai. Jika tidak ada target nanti saling menuggu.

“Saya atas nama pemerintah provinsi menyampaikan rasa duka atas musibah ini, mudah- mudahan bisa mendapatkan pembelajaran yang lebih jauh lagi, khususnya bagi warga di Sulbar,” ucapnya.

“Terkait bantuan, antara lain bantuan yang terkait dengan normalisasi, misalnya bagaiman kita melihat kesigapan pemerintah untuk membuat aliran sungai baru dan normalisasi anak- anak sekolah,” sambungnya.

Ia berharap agar sekolah yang ditempati anak-anak belajar, dalam hitungan dua hari kedepan harus dapat difungsikan, apalagi akan digunakan untuk ujian.

Pemprov Sulbar juga menyerahkan bantuan materil. Selain itu, bantuan dari Dharma Wanita yang diserahkan langsung oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Provonsi Sulbar, Kartini Idris berupa makanan siap bagi warga yang terkena banjir.

“Alakadarnya, tapi diharapkan bermanfaat. Saya ikut berduka atas musibah ini. Kemudian, terima kasih kepada BNPB pusat yang lebih cepat datang dan terjun ke lokasi banjir, bahkan lebih cepat dari Pemprov Sulbar,” tutup Idris. (Advetorial/Ikbal/MSD). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *