by

Komisi V Sebut Fasilitas Pelabuhan di Mamuju Belum Maksimal

MAMUJU-Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Barat. Wakil rakyat di Senayan ini, meninjau sejumlah pelabuhan di Mamuju, Kamis (14/2).

Ketua Komisi V DPR RI, Ibnu Munzir mengatakan, hasil peninjauan Komisi V di pelabuhan Mamuju dan Belang-Belang, menyimpulkan bahwa fasilitas transportasi laut itu belum sepenuhnya maksimal.

“Kalau pelabuhan yang kita tinjau tadi memang belum optimal nih, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti pembangunan untuk terminal kontainernya, itu membutuhkan dorongan supaya kapal bisa bersandar,” terang Ibnu Munzir kepada sejumlah wartawan.

Legislator asal Sulbar ini menambahkan, pihak Komisi V juga mengecek ketersediaan ekspor untuk memenuhi kebutuhan kapal pengangkut barang.

“Berarti kapal kalau masuk kan ada hasil bumi misalnya yang akan diangkut untuk dibawa keluar, kalau dia datang kosong itu repot, nah saya coba cek ekspornya ada peningkatan tapi belum maksimal, nah itu saya kira yang perlu untuk dibenahi dan ditingkatkan,”tambahnya.

Salah satu yang jadi perhatian serius Komisi V menurut Ibnu, yakni pembangunan akses jalan ke Pelabuhan Belang-Belang. Ibnu mengakui, anggaran sekitar 50 Miliar yang berasal dari APBN untuk pembangunan akses jalan ini, telah siap untuk digunakan.

“Akses jalan masuk sudah kita perbaiki, kita sudah anggarkan dan dananya sudah masuk, dari APBN sudah putus dan DIPAnya sudah ada, itu sekitar 50 Milliar, tinggal pelaksanaannya tapi memang ada beberapa lahan penduduk untuk dibebaskan, tahun ini dikerja kalau pembebasan lahannya tuntas,” kunci Ibnu.(msd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed