by

Ini Rentetan Gempa Mamasa Hingga Pagi Ini

SULBARONLINE.COM, MAMASA – Wilayah Mamasa, Sulawesi Barat, kembali diguncang rentetan gempa, Kamis (15/11/2018).

Gempa mulai terjadi sekira pukul 05.20 WITA. Dari catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hingga pada pukul 08.45 WITA atau hingga berita ini diturunkan, tercatat sebanyak 5 kali gempa yang berpusat di Mamasa hari ini.

Kekuatan gempa pun bervariasi, mulai dari Magnitudo (M) 3,5 hingga M 5,5. Berikut penjelasannya masing-masing.

Pertama, pada pukul 05.20 WITA, gempa berkekuatan M 4,3 dirasakan warga Mamasa dan Polewali Mandar. Pusat gempa berada di darat, sekitar 19 km Tenggara Mamasa. Sedangkan kedalaman gempa berada di 10 Km.

Hanya berselang 6 menit kemudian, warga Mamasa kembali merasakan bumi bergoyang yang kedua kalinya. Kali ini gempa dengan M 3,5 yang dirasakan warga dalam skala MMI II. Pusatnya berada di darat 16 Km Timur laut Mamasa. Sedangkan kedalaman 10 Km.

Ketiga, sekitar pukul 07.01 WITA, Warga Mamasa hingga ke Mamuju, Mejene, Toraja dan Polewali Mandar kembali merasakan guncangan. Kali ini intensitasnya meningkat dengan M 5,5 yang berpusat di darat 5 Km Timur Kota Mamasa, dengan kedalaman 10 Km.

Keempat kalinya, warga merasakan guncangan pada pukul 07.10 WITA, dengan M 4,5. Episenter gempa berada di darat, 20 km Tenggara Mamasa. Hiposenternya berada pada 10 km.

Kelima, gempa dengan kekuatan M 5,0 kembali terjadi pada pukul 07.31 WITA. Guncangan ini dirasakan warga dalam skala MMI III. Pusatnya berada di darat, 12 km Timur laut Mamasa dengan kedalaman 10 km. (Ar).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed