by

Begini Kemeriahan HUT Brimob Polda Sulbar ke 73

MAMUJU, SULBARONLINE – Kepolisian Daerah (Polda) Sulbar memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Brigade Mobile (Brimob) Polri yang ke 73 Tahun 2018 dengan menggelar upacara pasukan.

Upacara pasukan ini melibatkan sejumlah pasukan dari TNI/POLRI sebagai bentuk kesiapan dan sinergitas dalam menjaga serta mengamankan setiap agenda Kamtibmas.

Dirgahayu Korps Brimob ke 73, Polda Sulbar kali ini mengangkat tema “Korps Brimob Polri yang Promoter Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019.”

Dalam pelaksanaannya, upacara Korps Brimob ke 73 ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, dan dihadiri langsung Gubernur Sulbar, Wakil Gubernur, Kabinda, perwakilan Ka BNN, yang mewakili Danrem 142 Tatag, Danlanal, para Pejabat Utama Polda Sulbar, Bupati dan Wakil Bupati Se-Sulbar, para Kapolres bersama jajaran, para Ketua Perbankkan Mamuju, Raja Mamaju, Tokoh Masyarakat, Purnawirawan Polri dan Bahayangakari serta tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan upacara Dirgahayu Korps Brimob ini ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolda Sulbar selaku Inspektur upacara.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga diwarnai dengan pengucapan Tribrata Polri yang menjadi pedoman hidup dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Mengawali sambutan yang akan dibacakannya, Kapolda mengatakan Dirgahayu Korps Bromob ini mendapat penghormatan yang sangat besar dengan hadirnya secara bersamaan Gubernur dan Wakil Gubernur di acara ini.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Kapolda Sulbar Brigjend Pol Baharuddin Djafar, dengan penuh rasa bangga mengucapkan selamat ulang tahun ke 73 Korps Brimob Polri.

“Semoga makin dicintai masyarakat dan senantiasa memberikan darmabakti terbaik kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” kata Kapolda membacakan amanat Kapolri.

Melalui berbagai penugasan, Brimob Polri telah menunjukkan kontribusi nyata yang bernilai penting bagi pemeliharaan stabilatas Kamtibmas di Indonesia.

“Sebagai satuan elit Polri, Brimob berhasil dalam mendukung pengamanan pilkada searentak 2018 pada 171 wilayah, pengamanan Operasi Ketupat 2018, maupun berbagai Event Internasional seperti Asian Games 2018, Asian Para Games 2018 dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018,” ucapnya.

“Eksistensi yang telah ditunjukkan satuan Brimob, turut memberikan point positif dalam upaya institusi Polri untuk terus meningkatkan kepercayaan publik, ditambah lagi dengan torehan prestasi di berbagai Event kejuaraan menembak dan penugasan lain di luar negeri,” sambungnya.

Untuk meraih kepercayaan publik terhadap Polri, Kepolisian telah menetapkan program promoter dengan tiga kebijakan utama, yauitu Peningkatan Kinerja, Perbaikan Kultur dan Pengelolaan Media Konvensional dan Media Sosial secara optimal.

“Selain itu, kami juga kembali mengingatkan berbagai tantangan tugas kedepan seperti pelaksanaan Operasi Lilin 2018, Pengamanan tahapan Pemilu 2019 yang saat ini tengah berlangsung,” sebutnya.

Baharuddin melanjutkan, Pemilu sendiri memiliki karakteristik dan potensi kerawanan yang khas, karena antara Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan, sehingga berpotensi menimbulkan kompleksitas dalam tahap pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara.

“Seluruh agenda Nasional tersebut harus terselenggara secara aman, lancar dan damai sebagaimana tema yang diangkat pada Dirgahayu Korps Brimob ke 73 yaitu Korps Brimob Polri yang Promoter siap mengamankan agenda Kamtibmas tahun 2018 dan 2019,” ucapnya.

Mengakhiri sambutan yang dibacakannya, Kapolda juga membacakan beberapa perhatian kepada seluruh satuan Brimob.

Pertama, senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.

Kedua, jaga kehormatan pribadi, kesatuan dan Institusi Polri dengan menghindarkan diri dari berbagai pelanggaran dan perbuatan yang dapat merusak nama baik dan mencederai kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

Ketiga, terus jaga kesiapsiagaan personil serta sarana dan prasarana pendukung. Laksanakan pemetaan potensi gangguan secara cermat dan persiapkan seluruh pelaksanaan tugas dengan optimal.

Keempat, jangan pernah lelah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Terus belajar dan berlatih guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

Kelima, jalin kerjasama sinergitas dengan seluruh elemen bangsa, pemangku kepentingan dan masyarakat. Jaga kerukunan dengan personil TNI di semua tingkatan, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari.

“Sekali lagi selamat ulang tahun Korps Brimob ke 73, semoga kesatuan yang kita cintai ini dapat terus menunjukkan eksistensi dan manfaatnya bagi masyarakat, sesuai dengan Motto ‘Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil jiwa ragaku demi kemanusian’,” tutup Kapolda.

Selanjutnya, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penganugrahan warga kehormatan Korps Brimob kepada Kepolda Sulbar, H. Anwar Adnan Saleh, H. Aras Tammauni (Bupati Mateng), Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP ( Buapti Pasangkayu), Drs. H. Hasbi Wahid (Bupati Mamuju) dan Andi Ibrahim Masdar (Bupati Polman).

Kegiatan lainnya berupa pembacaan skep Komandan Korps Brimob, pemakaian jaket, baret dan penyamatan medali tanda kehormatan Korps Brimob Polri serta penandatanganan Naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima oleh Bapak Kapolda dan Bupati Polman.

Dirgahayu Korps Brimob Polda Sulbar juga dimeriahkan dengan Senam Gemu Famire dan ditutup acara syukuran. (Ar).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed