by

Populasi Ternak di Mateng Capai Jutaan Ekor

SULBARONLINE.COM, MAMUJU TENGAH–Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mamuju Tengah mengklaim, jumlah populasi ternak pada tahun 2018 di Mateng, mencapai 1.119.737 ekor. Jumlah ini bahkan telah melebihi target ternak, yakni 82.000 ekor.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mamuju Tengah, Muhammad Anwar merincikan, populasi ternak ini terdiri dari populasi Sapi sebanyak 9.472 ekor, populasi Kerbau 136 ekor, populasi Kuda 33 ekor, populasi Kambing 7.551 ekor, dan populasi Ternak Unggas 1.078.308 ekor.

“Capaian ini berkat dorongan semua stakeholder, baik dari Pemkab Mateng, DPRD Mateng, Pemerintah Provinsi Sulbar dan Pemerintah Pusat. Ini juga tak lepas dari keseriusan masyarakat Mateng sebagai ujung tombak yang dengan mampu mengembangkan peternakan sehingga komuditas ternak ini dapat membarikan kontribusi positif,” terang Muhammad Anwar, dalam kegiatan Promosi Hasil Peternakan Program Peningkatan Produksi dan Pemasaran Hasil Peternakan di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Mateng, Rabu (14/8).

Kegiatan Promosi Hasil Peternakan Program Peningkatan Produksi dan Pemasaran Hasil Peternakan di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Mateng.(Foto;Humas Pemkab Mateng)

Ia menambahkan, sejumlah program telah menunjang tingginya populasi ternak tersebut, diantaranya terobosan Pemkab Mateng  melalui kegiatan Gertak Birahi untuk ternak sapi yang dilaksanakan dari tahun 2016 – 2017, lalu  dilanjutkan dengan program Upsus Siwab (Sapi Betina Wajib Bunting), yang kemudian menggenjot populasi ternak sapi di Mateng.

“Tahun 2019 ini kita juga menjalankan program bantuan dari kementrian pertanian dirjen peternakan melalui balai besar, untuk ayam petelur super sebanyak 60.050 ekor. Kedepan kita harap Mateng dapat menjadi daerah pengekspor bibit ternak ke daerah sekitar bahkan ke provinsi lain,”pungkasnya.(hms-ysn/msd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed