by

Mamuju Tengah Optimis Jadi Daerah Swasembada Daging

SULBARONLINE.COM, MAMUJU TENGAH–Wakil Bupati Mamuju Tengah, Muhammad Amin Jasa, optimis jika Mamuju Tengah mampu tampil sebagai daerah swasembada daging di provinsi Sulawesi Barat. Alasannya, dengan melihat Mateng sebagai daerah yang sangat potensial di bidang peternakan.

“Selama terbentuknya kabupaten Mamuju Tengah, Pemkab Mateng telah melakukan program pengadaan sapi ternak. Nah, untuk mengetahui sejauh mana perkembangan sapi selama ini, kita perlu cek kelapangan, sehingga kita tidak mengira-ngira sudah berapa potensi sapi ternak yang kita miliki,” terang Amin Jasa dalam kegiatan Promosi Hasil Peternakan di halaman Kantor Dinas Pertanian Mateng, Rabu (14/8).

Selain memberikan tugas untuk dinas pertanian dan peternakan terkait pendataan potensi ternak, Wabup juga meminta agar dinas meramu sebuah program yang terarah, agar potensi ternak membudaya di seluruh masyarakat yang ada di Mateng.

“Karena memang tugas pemerintah untuk bagaimana masyarakatnya itu meningkat kesejahteraannya. Sektor peternakan ini adalah salah satu upaya yang harus kita tempuh dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kita perlu memberikan perhatian serius, sebab hal ini sangat menjanjikan disamping memberikan peningkatan gizi keluarga, juga akan meningkatkan taraf hidup masyarakat kita, nilai ekonominya sangat tinggi,”pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mamuju Tengah, jumlah populasi ternak pada tahun 2018 di Mateng, mencapai 1.119.737 ekor. Jumlah ini telah melebihi target ternak yakni 82.000 ekor.(hms-ysn/msd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed