Resmi, IJS Laporkan KPU Mateng ke DKPP

SULBARONLINE.COM, Jakarta – Ikatan Jurnalis Sulawesi Barat (IJSS) tidak main-main terkait kasus dugaan pelanggaran kode etik dan pidana pemilu yang diduga dilakukan komisioner KPU Mamuju Tengah (Mateng).

Ketua IJS Sulbar, Irham Azis secara resmi melaporkan komisioner KPU Mateng ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta, Senin (22/7/19).

Irham membawa serta sejumlah dokumen yang menjadi bukti dalam laporan tersebut ke Kantor DKPP.

Materi laporan di DKPP RI meliputi, KPU Mamuju Tengah ditengarai melakukan pelanggaran Terstuktur, Sistematis dan Masif. Bahkan, pelanggaran tersebut berpotensi pidana.

“Kami telah memiliki sejumlah bukti terkait dugaan pelanggaran Terstuktur Sistematis dan Masif yang diduga dilakukan komisioner KPU Mateng. Data tersebut telah kami serahkan ke kantor DKPP,” urai irham dalam rilisnya di Jakarta.

Irham menambahkan, dugaan pelanggaran yang dilakulan KPU Mateng diantaranya tidak menghapus data ganda, namun membuat data tersebut berubah, utamanya melakukan perubahan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan perubahan nama yang sama.

“Kami juga menemukan dugaan adanya hak suara yang dihilangkan di salah satu TPS. Dan itu perbuatan pidana. Apalagi diduga melibatkan komisioner KPU,” ucap Irham.

Irham menambahkan, pelanggaran lain yakni pengangkatan petugas PPS pengganti tanpa melalui prosedur. Sehingga ditengarai merugikan PPS yang telah mendapat SK pengangkatan sebelumnya. Ada pula PPS Ganda.

“laporan hari ini di DKPP Jakarta menjadi bukti bahwa kami serius menangani kasus ini. Kami akan kawal agar kasus ini tuntas di tangan DKPP,” tegas Irham.

Seperti diketahui, Komisioner KPU Mateng diduga melanggar peraturan DKPP RI nomor 2 tahun 2017 tentang kode etik dan pedoman prilaku penyelenggara pemilu terkait pasal 2, pasal 6, pasal 7, pasal 8, pasal 9, pasal 10, pasal 12, pasal 15 dan pasal 17.

Staf DKPP RI, Ratna mengaku setelah laporan masuk ke DKPP, maka akan dilakukan verifikasi. Dua alat bukti yang dibutuhkan telah terpenuhi jumlahnya.

“Saya terima laporan dan dokumenya, namun akan diperiksa lagi. Tapi, itu bukan tugas saya,” ucapnya sambil menyerahkan bukti tanda terima laporan.

Laporan IJS Sulbar terigistrasi di DKPP RI dengan tanda terima nomor : 01-22/PP.01/VII/2019 tertanggal 22 juli 2019, pukul 10.57 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *