by

HMI Manakarra Gelar Dialog Kebangsaan

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manakarra, menggelar dialog kebangsaan di Cafe Nal, Mamuju, Rabu (26/6/19).

Kegiatan bertema “Memahami sejarah bangsa untuk menolak ideologi lain yang tidak sepaham dengan jati diri bangsa” ini, menghadirkan narasumber seperti Kepala Badan Kesbangpol Sulbar, H. M. Rahmat Sanusi, Dandim 1418 Mamuju, Letkol Inf. Jamet Nijo dan Syarifuddin Mandegar.

Ketua HMI Cabang Manakarra, Sopliadi, dalam kesempatannya menyampaikan, petingnya melaksanakan kegiatan dialog seperti ini dengan menghadirkan pemuda dan generasi bangsa agar memperoleh pemahaman yang baik tentang wawasan kebangsaan.

“Utamanya sejarah bangsa, bagaimana para pejuang dahulu memerdekakan Republik Indonesia ini dan menyepakati Ideologi Pancasila sebagai konsensus bersama,” kata Sopliadi.

Ia mengaku, saat ini tantangan generasi muda semakin besar. Utamanya menghadapi kemajuan teknologi yang kian berkembang di berbagai aspek kehidupan.

“Maka tentu dikhawatirkan generasi kita salah arah dan tidak memahami sejarah bangsa, utamanya ideologi negara kita. Sekarang, banyak isu-isu dan hantaman yang memprovokasi masyarakat, apalagi terkait dengan adanya ideologi lain yang terus didengung-dengungkan oleh kelompok tertentu,” tegasnya.

Olehnya, Sopliadi meminta, melalui kegiatan tersebut para generasi muda dapat membentuk karakter kebangsaan yang kuat agar hantaman-hantaman dari luar dapat dicegah dengan kesadaran yang tinggi.

“Pancasila adalah ideologi satu-satunya yang harus kita jaga bersama. Maka, melalui kegiatan ini terbentuk karakter yang kuat tentang wawasan dan sejarah kebangsaan kita semua,” ujar Sopliadi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed