by

Kapolda Hadiri Upacara Hardiknas di Kantor Gubernur Sulbar

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar menghadiri ppacara peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) di halaman Kantor Gubernur Sulbar, Kamis (2/5/19).

Menurut Kabid Humas AKBP. Hj. Mashura bahwa Peringatan Hardiknas ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dalam negeri guna mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Kegiatan upacara Hardiknas ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sulbar H. Ali Baal Masdar, dan dihadiri Wakil Gubernur, Kabinda Sulbar, Sekda Sulbar, Kepala BNN Provinsi, para OPD Lingkup Provinsi dan seluruh tamu undangan lainnya.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, dalam amanatnya mengatakan, untuk menguatkan pendidikan salah satu langkah yang dilakukan diantaranya adalah membangun SDM berkualitas penduduk berusia muda dan dewasa untuk memiliki pengetahuan dan skill yang relevan.

Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini yaitu “Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan”. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya SDM yang berkualitas demi terwujudnya indonesia yang berkemajuan.

Selaras dengan itu, dalam konteks kebudayaan sebagai basis pendidikan nasional semakin kukuh dengan disahkannya UU No. 5 Tahun 2017 tentang kebudayaan.

“Melalui momentum Hardiknas ini marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan SDM yang dilandasi karakter kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompotitif,” kata Ali Baal.

Selain itu, kata ABM, merespon kemajuan pendidikan serta ilmu pengetahuan dan teknologi, harus dimanfaatkan dengan bijaksana dan menjadi ruang lahirnya manusia-manusia bermartartabat, inovatif dan berkarakter.

“Bersamaan dengan perayaan Hardiknas, kita juga patut bersyukur karena bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahapan puncak pemilu serentak tanggal 17 April lalu. Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara,” ucapnya.

“Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan,”

“Selamat hari pendidikan nasional teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kemajuan indonesia demi mencerdaskan kehidupan bangsa,” sambungnya.

Sementara itu, Kapolda Sulbar melalui Kabid Humas AKBP Hj. Mashura saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa Hari Pendidikan Nasional merupakan hari yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memperingati kelahiran Pahlawan Nasional kita Ki Hajar Dewantara, yang merupakan tokoh pelopor pendidikan Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

“Untuk itu, melalui moment ini diharapkan kita dapat meneruskan perjuangan beliau dalam mencerdaskan bangsa Indonesia,” katanya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan acara tambahan lainnya seperti penyerahan penghargaan kepada para pejuang pendidikan dan sebagainya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed