by

Polisi Bakal Perketat Pengaman Rekapitulasi Tingkat Kabupaten

MAMUJU-Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat, bakal memperketat pengamanan rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu 2019 tingkat Kabupaten, yang rencananya bakal di gelar mulai 2 Mei 2019 mendatang.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar mengatakan, rekap ditingkat KPU kabupaten akan menjadi perhatian serius pihak kepolisian, setelah mengamankan rekapitulasi di tingkat PPK maupun kegiatan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL).

“Kemarin kalau ada hal-hal menonjol terjadi, biasanya selesai di tingkat PPK. Untuk situasi yang mengganggu jalannya rekap Alhamdulillah tidak ada, situasinya terkendali juga untuk pemilihan ulang dan PSL. Kami juga melakukan pengawalan untuk kotak suara di setiap KPU Kabupaten, dan Insya Allah tanggal 2 mulai rekap di tingkat Kabupaten,” pungkas Brigjen Pol Baharuddin Djafar, melalui Konfrensi Pers di Mamuju, Selasa (30/4).

Sementara itu, Karo Ops Polda Sulbar Kombes Pol Mohammad Noor Subchan menyampaikan, pengamanan rekapitulasi tingkat KPU Kabupaten, bakal dipimpin langsung Kapolres di masing-masing kabupaten.

Adapun Jumlah personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan ini, yakni lebih dari 100 orang dari masing-masing Polres di 6 Kabupaten se-Sulawesi Barat.

“Karena ini perhitungan pleno terbuka, nanti pak Kapolres akan membuat perimeter sekitar 30 meter dari kantor KPU kemudian jalurnya masuk satu pintu, semua personil masing-masing diatas seratus, semua standby di kantor KPU, pak Kapolres yang tanggungjawab, kemudian rekap tingkat provinsi tanggal 6 baru kita rapat,” tegasnya.(Msd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed