by

25 Peserta Ikuti Tes Kesehatan Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Sebanyak 25 orang putra dan putri mengikuti seleksi tes kesehatan paskibraka tingkat nasional provinsi Sulawesi Barat tahun 2019.

Mereka tediri dari 13 orang putra dan 12 putri, berasal dari kabupaten lingkup Sulawesi Barat, bertempat di Wisma Malaqbiq, mulai tanggal 28 April hingga 1 Mei.

Koordinator pelatih paskibraka Sulbar, dari Korem 142 Taro ada Taro Gau, Lettu Junarman mengatakan, proses serangkaian seleksi akan mengerucut menjadi 2 orang perwakilan Sulawesi Barat tingkat Nasional.

“Pada seleksi kali ini, akan mengikuti berbagai tes, yaitu tes kesehatan, PBB dan kesegaran jasmani, dan yang terpilih hanya 2 orang,” ungkapnya, kepada Wartawan Sulbaronline.com di Mamuju, Selasa (30/4/19).

Junarman mengatakan, serangkaian proses seleksi tesebut salahsatunya tes kesehatan meliputi tinggi badan, bahu, kelenturan tangan, keseimbangan berat badan, pemeriksaan mata.

“Kesehatan ada beberapa bagian yang dirangkum, meliputi berat badan dan tinggi ideal, kemudian postur meliputi bentuk tubuh apakah bahunya miring, kelenturan tangannya termasuk kaki, dan kelurusan tangan,” jelasnya.

Ia mengatakan, seleksi tingkat provinsi berbeda dengan kabupaten menggunakan sistem gugur, karena mengakumulasi semua nilai setelah serangkaian tes seleksi usai, dengan menyisakan 5 orang tahap penentuan akhir (Pantuhir).

“Kita akan kalkulasi semua nilai, kita akan mengambil kemungkinan 5 besar untuk mengikuti tahapan pantuhir, dan akan terpilih putra-putri mewakili Sulbar,” jelasnya. (Adr).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed