by

Selamat, Dr Muflih Resmi Jabat Kakanwil Kemenag Sulbar

SULBARONLINE.COM, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara resmi melantik Dr. H. Muflih Bachyt Fattah sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulbar, Selasa (5/3/19).

Pelantikan ini berlangsung di Operation Room, Kantor Kementerian Agama, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (Jakpus) bersama 13 pejabat Eselon II lainnya pada Inspektorat Jenderal, Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal, Kanwil Kemenag Provinsi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

Kepada SULBARONLINE.COM via Telepon, Kepala Kanwil Kemenag Sulbar yang baru, Dr. Muflih B Fattah, mengatakan, pasca dilantik yang pertama kali dilakukan adalah pemetaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di lingkup Kemenag Sulbar.

“Tentu, yang akan kita lakukan setelah dilantik ini kita mau memetakan SDM yang ada di Kanwil Kemenag Sulbar agar lebih ditingkatkan melalui kegiatan diklat dan kegiatan-kegiatan lainnya seperti workshop,” katanya.

Selain itu, menurut Muflih, Kanwil Kemenag juga akan tetap mengutamakan pesan yang telah digaungkan oleh Menteri Agama dengan tiga mantra, yaitu moderasi beragama, kebersamaan umat dan integrasi data.

“Karena Sulbar ini merupakan daerah yang majemuk dan heterogen. Kemudian, bagaimana kita di Kemenag Sulbar tetap mengutamakan integrasi data. Kita mau seluruh 6 Kabupaten yang ada di Kemenag Sulbar, semuanya bisa memberikan data-data akurat yang baru berkaitan dengan masalah-masalah kegamaan supaya betul-betul valid datanya dan benar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kemudian, bagaimana data-data ini terintegrasi ke pusat dan ke daerah, sehingga lebih cepat menerima informasi data yang ada di lingkungan Kanwil Kemenag Sulbar,” jelasnya.

Muflih berharap, setelah dilantik ini Ia menata dan mengelola manajemen organisasi Kemenag Sulbar yang lebih baik dengan meningkatkan kualitas umat beragama dan antar umat beragama.

“Sehingga selaras dengan visi misi kemenag RI. Apalagi Menag RI telah membumikan 3 Mantra utama di tahun 2019, yaitu, Moderasi beragama, kebersamaan umat dan integrasi data dan kinerja. Maka diharapkan seluruh aparat Kementerian untuk menjadi pemberi informasi bagi kelangsungan hidup di tengah masyarakat yang majemuk, pembenahan manajemen SDM di setiap bidang dan Satker seiring perkembangan IT yang kian pesat. Termasuk seluruh Aparatur kementerian agama harus mampu menguasai dan memahami perkembangan zaman,” tutupnya.

Sekadar diketahui, yang bertindak sebagai saksi dalam pelantikan tersebut adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin. Pelantikan juga dihadiri oleh Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama.

Menteri Agama Lukman Hakim berpesan agar para pejabat yang dilantik untuk selalu memegang teguh integritas dan menjauhi segala bentuk penyimpangan-penyimpangan.

“Dikenang sebagai pejabat yang hebat dan pintar tidak terlalu sulit. Tapi dikenang sebagai pejabat yang berintegritas dan berkarakter membutuhkan keteguhan yang kuat. Kepada saudara yang baru saja dilantik, Saya titipkan untuk senantiasa menjaga nama baik Kementerian Agama,” simpul Lukman.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed