by

Ketua KPU Sulbar Hadiri Rapimnas di Jawa Barat

SULBARONLINE.COM, Bandung – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat, Rustang, menghadiri kegiatan Rapat Pimpinan Nasional I antara KPU RI, KPU Provinsi seluruh Indonesia.

Kegiatan yang dihadiri seluruh komisioner KPU RI, Ketua KPU dan Sekretaris KPU Provinsi dari seluruh Indonesia itu digelar di Hotel Intercontinental, Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat, Senin, (4/3/2019) kemarin.

Kegiatan Rapimnas yang dibuka langsung oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman ini mengangkat tema utama tentang “Soliditas Penyelenggara Pemilu, Kunci Sukses Penyelenggaraan Pemilu 2019”.

Kepada SULBARONLINE.COM via WhatsApp, Selasa (5/3/19), Ketua KPU SUlbar Rustang menyebutkan, Rapimnas tersebut membahas isu-isu strategis menghadapi Pemilu 2019.

“Di antaranya kita membahas kesiapan penyelenggara ad hock, kemudian DPT b (Daftar Pemilih Tambahan) H Min 30, lalu terkait pengadaan dan distribusi logistik, serta pemungutan dan penghitungan suara di TPS-TPS,” sebut Rustang.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua KPU RI Arief mengatakan, tema Rapimnas tersebut menjadi pilihan karena KPU mempunyai misi untuk menyukseskan Pemilu 2019 sesuai asas yang ada, yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber dan Jurdil).

Ia menjelaskan, soliditas penyelenggaraan Pemilu 2019 tidak hanya berlaku untuk internal KPU se Indonesia saja, melainkan dengan institusi-institusi lainnya.
Menurutnya, soliditas itu penting karena berkaitan langsung dengan proses penyelenggaraan. Seperti soliditas dengan KPU dengan Bawaslu, soliditas KPU dengan pemerintah dan DPR, serta soliditas dengan pihak TNI dan Polri.

“Soliditas itu harus terbangun harus berjalan utuh dan saling memberikan pemahaman yang sama, dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota hingga di tingkat TPS-TPS,” tegas Arief Budiman.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed