SMRC: Kepercayaan Publik ke Bawaslu Masih Cukup Tinggi

Nasional202 Views

SULBARONLINE.COM, Nasional – Kepercayaan publik terhadap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2019 ini masih cukup tinggi.

Hal itu sesuai hasil Survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), yang menunjukkan bahwa mayoritas responden masih menaruh kepercayaan kepada Bawaslu untuk melakukan pengawasan pemilu pada April 2019 mendatang, secara profesional.

“Mayoritas publik (responden) yakin KPU dan Bawaslu mampu menyelenggarakan pemilu sesuai aturan,” ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam jumpa pers di Kantor SMRC Jakarta, Minggu (10/3/2019), seperti yang dikutip dari dari KOMPAS.COM.

SMRC melakukan survei terhadap 1.426 responden yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Pertama, peneliti menanyakan, apakah responden yakin Bawaslu mampu dapat mengawasi pemilu secara umum sesuai aturan.

Hasilnya, 79 persen responden menyatakan sangat yakin. Kemudian, 11 persen menyatakan tidak atau kurang yakin. Sementara, ada 10 persen yang tidak menjawab atau tidak tahu.

Kemudian, peneliti menanyakan, apakah responden yakin Bawaslu dapat mengawasi pilpres sesuai aturan. Hasilnya, 78 persen responden menyatakan sangat yakin dan cukup yakin.

Hanya 11 persen yang menyatakan kurang atau tidak yakin. Kemudian, 11 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan pada 24-31 Januari 2019.

Penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan melibatkan 1.426 responden.

Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka. Adapun, margin of error dalam penelitian ini lebih kurang 2,65 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *