by

Ini Hasil Survei IPI Terkait Pilpres dan Pileg di Sulbar

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir, membeberkan hasil surveinya untuk Pilpres 2019 khususnya di wilayah Sulawesi Barat.

Hasilnya, elektabilitas tertinggi diperoleh pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin sebanyak 57,1 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno berada di angka 33,4 persen.

“Jokowi-Maruf 57,1 Persen, dan Prabowo-Sandi 33,4 Persen. Belum jawab/TT/rahasia/ 9,5 persen,” sebut Suwadi saat dihubungi SULBARONLINE.COM, Minggu (10/3/19) petang.

Survei dilakukan PT IPI sejak 26 Januari hingga 3 Februari 2019 kepada 600 responden, dengan metodelogi Multistage Random Sampling acak berjenjang. Wawancara dilakukan secara tatap muka.

“Itu kita lakukan di enam Kabupaten se Sulbar, tentu dilakukan secara proporsional,” ujar Suwadi.

Selain Capres-cawapres, PT IPI juga melakukan survei terkait kekuatan Parpol di Sulbar yang memiliki peluang besar meloloskan perwakilannya ke DPR RI.

“Hasil untuk Parpol yaitu Gerindra, PDI Perjuangan, Nasdem, Demokrat dan Golkar. Jadi ini 5 besar Parpol yang berpeluang loloskan kadernya ke pusat,” sebutnya.

Kata Suwadi, hasil itu juga masih gambaran kasar data bulan Februari 2019. Sangat besar kemungkinan-kemungkinan terjadi perubahan.

“Yah ini masih dinamis. Makanya, nanti awal bulan April ini IPI akan melakukan survei lagi di Sulbar,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed