by

FOKUM PUS dan KPU Mamuju Gelar Pendidikan Pemilu di Sekolah

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Forum Komunikasi Mahasiswa Pitu Ulunna Salu (FOKUM PUS) menggelar kegiatan Pendidikan Pemilu “Goes To School“, Senin (11/3/19) di SMA Negeri 2 Kalukku, Kecamatan Kalukku, Mamuju.

Kegiatan yang dikerjasamakan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju ini mengangkat tema “Meningkatkan Partisipasi Siswa dan Siswi Dalam Pemilu 2019”.

Hadir dua anggota KPU Mamuju,  Muh. Rifai dan Asriani, serta Ashari Rauf sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Kedua anggota KPU Mamuju tersebut secara bergantian memaparkan dan mensosialisasikan tentang pentingnya memilih, termasuk tatacara melakukan pencoblosan saat di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain itu, para pelajar ini diedukasi terkait pengenalan warna kertas atau surat suara, baik warna kertas atau surat suara untuk Calon presiden dan Calon Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Para pelajar ini juga diajak untuk menjadi duta atau relawan dalam menyukseskan pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Jadi hari ini kita melakukan sosialisasi dalam peran KPU Goes To School. Tentu sasarannya adalah pemilih milenial atau pemilih pemula. Kami berharap, pendidikan pemilih yang kami paparkan, tidak ada lagi pemilih pemula yang bingung dan bimbang,” kata Anggota KPU Mamuju Divisi Sosialisasi, Muh. Rifai.

Menurutnya, melalui sosialiasi ini juga para kaum milenial dapat memahami dan mengerti pentingnya menyalurkan hak pilih selaku warga masyarakat.

Selain program Goes To School, tambah Rifai, KPU Mamuju juga telah melaksanakan berbagai program peningkatan partisipasi pemilih pemula. Seperti konser musik yang sasarannya untuk menyisir pemilih pemula.

“Tanggal 9 Maret kemarin juga ada pentas seni pemilih pemula. Dan semua adalah untuk mensoliasikan dan menyebarkaluaskan tentang informasi program pemilu khususnya di KPU Kabupaten Mamuju. Intinya agar mereka tak golput. Mereka harus menyalurkan hak pilihnya,” jelasnya.

Dalam memaksimalkan peningkatan partisipasi pemilih pemula, lanjut Rifai, KPU Mamuju akan terus intens menyelenggarakan kegiatan Goes To School ini.

“Hampir semua sekolah tingkatan SMA sederajat kita sudah datangi dan masih ada yang juga akan kita datangi. Selain dengan OKP, LSM, kami juga punya Relasi (Relawan Demokrasi) di 11 Kecamatan yang selalu menyasar Sekolah-sekolah yang di situ ada Pemilih Pemula.” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed