by

Badko HMI Sulselbar Gelar Dialog Publik Pemilu Damai

SULBARONLINE.COM, Mamuju – Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sulselbar, menggelar dialog publik Pemilu Damai 2019, Rabu (20/3/19).

Kegiatan mengangkat tema “Menakar Netralitas Penyelenggara Pemilu, Aparat Negara, ASN dan Intervensi Politik Terhadap Birokrasi Pemerintahan”.

hadir Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar, Kepala Balitbangda Sulbar, Dr. Muh. Jamil Barambangi, ketua KPU Sulbar Rustang, Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo, Kepala Badan Kesbangpol Sulbar H. M. Rahmat Sanusi, Maradika ‘Raja’ Mamuju H. Andi Maksum Dai, Ketua Umum Badko HMI Sulselbar Lanyala Soewarno dan puluhan peserta.

Ketua Umum Badko HMI Sulselbar, Lanyala Soewarno mengatakan, HMI dalam Pemilu 2019 telah menjadi bagian untuk melakukan pengawasan Pemilu. Sehingga, dipastikan HMI secara kelembagaan akan tetap independen dalam pemilu 2019 ini.

“HMI pusat sudah menandatangani MoU dengan bawaslu bersama-sama mengawasi pemilu damai 2019. Tugas HMI bagaimana menciptakan Pemilu yang sukses dengan suasana sejuk dan damai. Jadi HMI akan mengawal pemilu ini sampai di TPS,” kata Lanyala.

Sementara, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar, mengatakan bahwa Pemilu yang sedang berjalan saat ini memiliki tantangan yang berat. Sehingga, dibutuhkan peran semua pihak untuk ikut terlibat menyukseskannya.

“Perlu kita satukan visi dan misi, dan kita satukan pemahaman kita tentang pesta demokrasi ini dengan jujur dan adil. Kami pun mutlak untuk netral, di setiap tindakan yang kami ambil harus mencerminkan netralitas,” tegas Baharuddin.

jenderal polisi Bintang Satu ini pun mengaku telah melakukan berbagai hal, utamanya kesiapan personil Polri dalam mengawal Pemilu. Termasuk, kata baharuddin, adalah intensitas komunikasi yang dibangun kepada tokoh adat, salah satunya adalah Maradika Mamuju.

“Kita sudah menghadap ke raja Mamuju untuk ikut membantu kelancaran dan suksesnya pemilu 2019 ini, karena kita meyakini dengan ketokohan beliau (Raja Mamuju) membawa pengaruh bagi masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan damai,” jelas Kapolda.

Begitupun narasumber lain, seperti Kepala Balitbangda Sulbar Dr. Muh. Jamil Barambangi, Ketua KPU Sulbar Rustang dan Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo, yang menghendaki pelaksanaan Pemilu ini berjalan lancar, aman dan damai.

Seusai dialog, para narasumber dan peserta juga membubuhkan tanda tangan sebagai ebntuk komitmen bersama menjaga pemilu 17 April 2019 ini. (Ikbal).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed